Template
Template Template
Template Friday, 19 December 2014 Template

Galeri

1.jpg

Memperkenalkan Karya H. Sunaryo A.Y.

 

Sidang pembaca, tahukah antum bahwa penulis website: http://hajisunaryo.com (sudah lebih kurang 200 (dua ratus) judul tulisan bernafaskan Islam (religius) ditulis beliau) sebelum tulisan-tulisannya terfokus kepada artikel-artikel religius yaitu bacaan bernafaskan Islam untuk tujuan Syiar dakwah adalah seorang penulis Cerpen dan Novelis yang religius, artinya: disetiap tulisannya baik itu Cerpen maupun Novel selalu diselipkan dakwah mengingatkan pembaca agar tidak terbuai oleh gemerlapnya dunia yang fana sehingga melupakan akhirat.
Padahal akhirat tujuan terakhir kita dan Syurga atau Neraka adalah tempat tinggal kita yang abadi (kekal) untuk selama-lamanya. Dan penulis H. Sunaryo A.Y disetiap Cerpen atau Novel yang ditulisnya juga senantiasa menyelipkan dakwah mengajak pembaca ikut menyebarluaskan nilai-nilai Islam sehingga tidak ada lagi individu-individu (orang Islam) yang menyembah selain kepada Allah SWT.
Ingat (kata penulis): Dosa yang tidak terampuni adalah menyekutukan Allah. Memang sekarang beliau tidak lagi menulis Cerpen dan Novel karena karya-karyanya sudah terfokus pada tulisan-tulisan (artikel) reigius bacaan untuk syiar dakwah Islam. Namun sengaja saya perlihatkan sebagai contoh beberapa buku (Novel) karya H. Sunaryo A.Y. kali ini berjudul: SUMIRAH berikut ini.
September 2014
Dany Wicaksono, S. Kom
 
Template
“ BAGAIMANA BERTETANGGA YANG BAIK ITU?” PDF Print E-mail
Written by H. Sunaryo A.Y.   
Monday, 24 December 2012 04:07
  Assalamualaikum,saudaraku sesama muslimin muslimat. Jumpa lagi (lewat tulisan) dengan al-fakir,kali ini sesuai judul artikel (religius) tersebut diatas semoga menyejukkan
menambah wawasan dan yang paling penting diniatkan penulis adalah nilai-nilai Islam kian dapat tersebarluaskan. Sidang pembaca,ada 3 (tiga) macam tetangga
* Pertama: Tetangga Muslim yang masih mempunyai kekeluargaan. Tetangga semacam ini mempunyai 3 (tiga) hak,sebagai tetangga,hak Islam dan hak kekerabatan.
* Kedua: Tetangga muslim saja. Tetangga semacam ini mempunyai 2 (dua) hak. Sebagai tetangga dan hak Islam.
* Ketiga: Tetangga kafir. Tetangga semacam ini mempunyai 1 (satu) hak,yaitu sebagai tetangga saja.
        Saudaraku,baik kita mulai pembahasan (materi) ini dengan memperhatikan surat An-Nisa ayat 36.
* FirmanNya:
Artinya: “ Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukanNya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada kedua orangtua,karib kerabat,anak-anak yatim,orang-orang miskin,tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh,teman sejawat,ibnu syabil (orang yang kehabisan bekal dalam perjalanan) dan hamba sahayamu.”  (QS:An-Nisa:36)

      Dalam ayat ini jelas dan gamblang Allah SWT memerintahkan agar manusia (kita) menyembahNya dan jangan menyekutukanNya dan berbuat baiklah kepada....,tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh. Sebuah pertanyaan,siapakah tetangga itu? Syaikh Utsaimin berkata: Tetangga adalah orang yang berdekatan dengan rumahmu atau jaraknya dekat dengan rumahmu. Ada atsar yang menunjukkan bahwa tetangga adalah empat puluh rumah (yang berada disekitar rumah) dari setiap penjuru mata angin. Sehingga tidak diragukan lagi bahwa yang berdekatan dengan rumahmu adalah tetangga. Apabila ada khabar yang benar (tentang penafsiran tetangga) dari Rasulullah SAW maka itulah yang kita pakai,namun apabila tidak maka hal ini dikembalikan pada `urf (adat kebiasaan) yaitu kebiasaan orang-orang dalam menetapkan seseorang sebagai tetangganya. (Kitab Syarah Riyadhus Shalihin v /204-205)

      
     Sebagai tetangga ,kita wajib menjaga hak-hak tetangga dan berbuat baik kepada mereka sesuai dengan kemampuan dan haram hukumnya memusuhi mereka dengan model dan bentuk apapun.
* Dalam sebuah Hadist Rasulullah SAW bersabda: Artinya:” Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaknya dia berbuat baik pada tetangganya. (HR.Muslim)
* Kemudian Hadist dari Abu Hurairah ra disebutkan bahwa Ibnu Umar pernah mempunyai tetangga seorang yahudi.Apabila Umar menyembelih kambing beliau berkata:” Berilah tetangga kita yahudi itu dagingnya.”
* Dan diriwayatkan bahwa tetangga yang miskin akan bertemu dengan tetangganya yang kaya (ketika didunia) pada hari kiamat. Kelak tetangga yang miskin itu akan mengadu kepada Allah:
“ Wahai Allah,tanyalah tetanggaku ini kenapa dia menolak berbuat baik kepadaku dan menutup pintunya untuk aku masuki.”
* Kemudian sebuah riwayat bahwa pernah ada seorang lelaki datang menemui Rasulullah lalu berkata:” Wahai Rasulullah,tunjukkan padaku suatu amalan yang apabila aku mengerjakannya akan memasukkanku kedalam syurga.”
* Beliau berkata:” Jadilah engkau orang yang muhsin (selalu berbuat baik)
* Dia bertanya:” Wahai Rasulullah,bagaimana saya mengetahui bahwa saya adalah orang muhsin (yang berbuat baik?)
* Beliau menjawab:” Tanyalah tetanggamu,jika mereka mengatakan kamu adalah orang baik,maka kamu adalah orang baik,maka kamu adalah orang baik,sebaliknya jika mereka mengatakan engkau adalah orang jelek,maka engkau adalah orang jelek.” (HR.Baihaqi)

     Saudaraku,sidang pembaca yang terhormat. Dalam kehidupan sehari-hari ,kita tidak bisa lepas dari lingkungan tetangga. Kita bertemu setiap hari dengan tetangga,kita saling pembantu kepada tetangga,kita bahkan dengan tetangga sudah seperti saudara sendiri. Tetapi tetap saja,tetangga itu juga manusia. Adakalanya dalam bertetangga itu menyenagkan yaitu terjadi yang baik-baik saja,sikap yang manis,hubungan silaturahim yang bertambah erat dan yang lain sebagainya. Namun tidak mustahil suatu saat hubungan kita dengan tetangga menjadi renggang.
Bisa saja karena sebab pertengkaran anak kecil kemudian orangtua ikut-ikutan. Marah,diam-diaman bahkan tidak jarang hubungan silaturahim menjadi putus seketika atau sebab karena soal lain yang membuat retaknya hubungan bertetangga.
      Namanya juga bertetangga,banyak hal bisa terjadi,ada-ada saja. Jadi,bagaimana semestinya sikap kita agar menjadi tetangga yang baik? jawabnya: Kembali pada aturan Islam,karena Islam telah mengaturbagaimana hubungan dengan tetangga serta hubungan dengan manusia pada umumnya.
* Perhatikan Hadist dari Abdullah bin Amru bin Al-Ash ra,katanya: Seorang bertanya kepada Rasulullah SAW tentang sifat orang Islam yang baik dan Rasulullah SAW menjawab:” Seseorang yang orang orang Islam yang lain selamat dari kejahatan lidah dan tangannya. (HR.Muslim)

* Kemudian Hadist berikut ini: Bersabda Nabi SAW:
Artinya:” Janganlah meremehkan perbuatan yang baik,sekecil apapun,walau hanya bertemu dengan saudaramu dengan wajah yang berseri-seri.”   (HR.Muslim)
* Sekarang simak Hadist-Hadist setentang adab bertetangga
* Dari Ibnu Umar dan Aisyah ra,mereka berkata: Rasulullah SAW bersabda:” Malaikat Jibril selalu berpesan kepadaku untuk senantiasa berbuat baik kepada tetangga,sehingga aku menyangka bahwa tetangga itu akan ikut mendapat warisan.”  (HR.Bukhari dan Muslim)

* Dari Abu Dzar ra,ia berkata: Rasulullah SAW bersabda:” Wahai Abu Dzar,apabila kamu memasak makanan yang berkuah maka perbanyaklah airnya dan perhatikanlah tetanggamu.  (HR.Muslim)

* Sementara dari Hadist yang lain diriwayatkan dari Abu Dzar,ia berkata” Sesungguhnya kekasih saya Rasulullah SAW berpesan:” Kamu memasak makanan yang berkuah,maka perbanyaklah airnya,kemudian perhatikanlah tetangga-tetanggamu dan berilah mereka dengan cara yang baik.
(Al-Hadist)

* Dari Abu Huarairah ra,ia berkata: Rasulullah SAW bersabda:” Demi Allah seseorang itu belum bisa dikatakan sempurna imannya (diulangi sampai tiga kali)” Ada seseorang Sahabat yang bertanya:” Siapakah seorang yang belum sempurna imannya itu?” Beliau menjawab:” Orang yang tetangganya tidak aman karena gangguannya.”  (HR.Bukhari dan Muslim)

* Sementara dalam riwayat Muslim dikatakan:” Tidaklah masuk syurga orang yang tetangganya tidak aman karena gangguannya.”  (HR.Muslim)

* Dari Abu Hurairah ra,ia berkata: Rasulullah SAW bersabda:” Wahai kaum Muslimah,janganlah kalian merasa hina untuk memberi sesuatu kepada tetangga kalian,walaupun hanya kikil kambing.”  (HR.Bukhari dan Muslim)

* Dari Aisyah ra,ia berkata: Saya bertanya:” Wahai Rasulullah,sesungguhnya saya mempunyai dua tetangga maka siapakah yang harus saya dahulukan?” Beliau (Nabi SAW) menjawab:” Kepada tetangga yang lebih dekat pintunya.” (HR.Bukhari)

* Dari Syuraih Al-Khuzaira ra,ia berkata: Nabi SAW bersabda:” Siapa saja yang beriman kepada Allah dan hari akhir,hendaklah ia berbuat baik kepada tetangganya,siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir,hendaklah ia memuliakan tamunya,siapa saja yang beriman kepada Allah dan hari akhir,hendaklah ia berkata yang baik,kalau tidak ,hendaklah ia diam”  (HR.Muslim)
   

    Saudaraku,sesama muslim sebenarnya masih banyak contoh-contoh Hadist setentang adab bertetangga. Namun saya cukupkan sampai disini,beberapa contoh Hadist yang saya sampaikan kepada sidang pembaca saya percaya,bagi insan beriman satu atau dua buah Hadist sudah scukup menjadi sumber hukum dan yang harus diteladani serta diamalkan.
   
   Seyogyanya,memang kita hendaknya dapat menahan diri dari perbuatan menyakiti tetangga. Sebab dengan tidak menyakiti tetangga itu berarti kita sudah termasuk  sebagai tetangga yang berbuat baik kepadanya. Dengan telah berbuat baik kepada tetangga itu artinya kita telah memberi kehidupan yang nyaman kepada tetangga kita. Membuat hidup tetangga menjadi nyaman  itu artinya kita sudah menjadi tetangga yang baik. Dan sebagai tetangga yang baik mari kita sama-sama berdo`a kepada Allah SWT,semoga Dia berkenan membimbing kita sehingga kita mempunyai akhlak yang baik,baik perkataan,maupun perbuatan dan semoga membaguskan akhir kesudahan hidup kita. Sesungguhnya Allah Maha Mulia dan maha Pemurah.
    Sampai disini,tulisan ini terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi insya Allah kita dikesempatan lain dengan tulisan saya yang lain. Wa afwa minkum wassalamualaikum warahmatulahi wabarakatuh.


* Bahan-bahan (materi) diambil dan dikutip dari buku:Sabar Itu Syurga. (Panduan memahami Perilaku Terpuji dan Tercela dalam Islam). Oleh:Agus Suryana dan buku:Terjemah Riyadhus Shalihin. Jilid 1 Oleh:Imam Nawawi*


*Artikel religius ini dapat anda temukan pada website:WWW.Hajisunaryo.com.*

...

Last Updated on Monday, 24 December 2012 04:19
 
Template
Template Template Template
 

Pesan


Shoutbox
Template Template